Posted in Sebuah Cerita tentang Teguh

“Teguh, Teguh, Apa sih yang ada dalam pikiranmu….?”

IMG_3560

Begitulah Teguh, begitu aneh, setidaknya begitulah pendapatku. Aku belum pernah menemukan seseorang yang mengawali presentasinya dengan meminta kami semua untuk berdiri guna bersama-sama menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, termasuk bapak dosen yang mengajar kami saat itu, dimintanya untuk berdiri juga. Sungguh aneh, begitu asing bagiku, “ini mau membahas cara mengajar yang baik, kok malah nyuruh nyanyi bareng, apaan sih” gumamku.

Awalnya, aku, teman-teman yang lain juga kurasa, merasa aneh sekaligus penasaran. Dengan aksen inggris yang terdengar kaku Teguh meminta kami untuk berdiri. Bukan hanya kami, bahkan bapak dosen pun bertanya-tanya, terlihat raut muka yang penasaran diwajahnya, menaikkan kacamatanya ke atas kepala.

Namun, di luar dugaan, aku turut larut dalam momment tersebut. Aku memperhatikan sekelilingku, teman-teman yang mulanya tertawa, ogah-ogahan, kini mulai larut dalam satu nada, satu irama, begitupun bapak dosen yang langsung hormat tatkala diputarkan video berkibarnya bendera “Merah Putih” di puncak tertinggi dunia. Sambil menyanyikan lagu “Indonesia Raya” aku mengingat-ingat “kapan terakhir kali aku menyanyikan lagu ini…?”

Rasa haru, bangga sekaligus malu tercampur menjadi satu. Air mataku menetes, kebanggaanku pada Indonesia semakin memuncak tatkala bait-bait akhir ku nyanyikan kala itu. Namun aku malu, aku belum bisa berbuat maksimal untuk Indonesia, aku terlalu banyak membuang waktuku.

Setelah kami selesai menyanyikan “Indonesia Raya”, Teguh kemudian menjelaskan semuanya, ku lihat senyum hangat dari wajah dosen dan teman-teman, tepuk tangan pun diberikan oleh bapak dosen untuk Teguh dan kami karena mau bersama-sama menyanyikan “Indonesia Raya”.

 

Penulis:

| اِلَهِى اَنْتَ مَقْصُوْدِيْ وَرِضَاكَ مَطْلُوْبِيْ | Pemuda Sasak | Sarungan | Ngelmu ning Semarang | an ethnobotanical researcher: Medicinal plants |

Tinggalkan Balasan

